Saturday, November 22, 2008

3 Antivirus Pelindung KomputerKu

“San, minta antivirusnya po’o”, “Antivirus yang bagus itu apa sech?”, “San, bersih’no komputerku, lagi kena virus”. Kata-kata itu sering keluar dari teman-temanku di sekolah yang komputernya sering kena virus. Alasannya muacem-macem. Tapi kebanyakan mereka kena dari warnet atau ‘tertular’ dari teman yang sudah kena virus komputernya. Nah, di sini saya akan memberi tips yang bisa dibilang cukup ampuh agar komputer kita aman dari virus, baik itu virus lokal maupun interlokal (eits, internasional maksudnya, he…3x : p). Di rumah saya memakai 3 Antivirus seperti AVG dan 2 antivirus portable, PCMAV dan Ansav. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ulasannya.

AVG
Antivirus ini cukup ampuh untuk mengatasi virus-virus dari luar negeri. Dengan dukungan update yang 2-3 hari sekali, menjadikan AVG bisa mengenali virus-virus luar negeri yang baru. Update bisa dilakukan secara online maupun offline. Update secara offline bisa dengan mendownload file update-tannya di situsnya. Versi terbaru AVG saat ini adalah AVG 8.0, tapi di komputerku masih menggunakan versi 7.5 karena versi 8.0 terlalu memakan banyak memori meski kecepatan scan-nya lebih unggul versi 8.0.

PCMAV
Antivirus portable yang ukurannya cukup ringan ini dikembangkan oleh Majalah PC Media. Keunggulan antivirus ini adalah mampu mengenali virus-virus lokal yang marak di Indonesia. Kecepatan scan-nya juga bagus. Bisa dikombinasikan dengan database Clamav, tapi kecepatannya sedikit berkurang bila digabung dengan database Clamav meski perbedaannya tidak terlalu signifikan. Itu hal wajar karena database Clamav sudah mengenali ratusan ribu virus-virus luar negeri. Anda bisa baca keunggulan-keunggulan PCMAV dan cara mengkombinasikannya dengan database dari Clamav di file ‘readme.txt’ di dalam foldernya. Antivirus ini bisa anda dapatkan dengan membeli majalah PC Media atau PC Mild. Bisa juga anda download dari situs-situs di Internet. Tinggal ketikkan PCMAV di search engine, anda bisa memilih situs yang menyediakan PCMAV. Untuk file update-nya anda bisa mengikuti perkembangannya di virusindonesia.com.

Ansav
Yang kusuka dari antivirus lokal ini adalah kecepatan scan dan dukungan plug-in yang cukup berguna untuk membantu membersihkan virus. Contohnya, RegistryFX yang digunakan untuk mengembalikan susunan registry yang dirubah oleh virus, DeepSlayer untuk mendelete secara paksa file-file yang kita ketahui sebagai virus, HiddenRevealer untuk mengembalikan file-file yang ter-hidden oleh virus, dan masih banyak lagi plug-in yang cukup menarik yang bisa anda download di situs ansav.com. Ukuran antivirus ini tidak sampai 1 MB (tanpa plug-in).

Biar lebih aman lagi, matikan fungsi AutoPlay di komputer. Silakan baca di label tips untuk mematikan fungsi AutoPlay.


5 comments:

  1. aku juga pake AVG yang personal. tiap 3 hari update terus..

    ReplyDelete
  2. Promosikan artikel anda di www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, & game online untuk para netter Indonesia. Salam!
    http://security-hacking.infogue.com/3_antivirus_pelindung_komputerku

    ReplyDelete
  3. viruse raine mbeng ngilangine yo opo????

    ReplyDelete