Sunday, February 12, 2012

Mobil yang Bisa Dilipat

Satu lagi hal unik karya manusia yang patut diacungi jempol. Sebuah mobil yang bisa dilipat ini merupakan karya pabrikan dari Spanyol. Berawal dari masalah jalan perkotaan yang kian padat dan lahan parkir yang terbatas di kota-kota besar, perusahaan asal negeri Matador itu berinovasi dengan mengembangkan mobil lipat bertenaga listrik yang dijuluki Hiriko. Hiriko sendiri berarti urban dalam bahasa Basque.

Hiriko
Mobil ini bisa dilipat seperti melipat kereta dorong bayi. Sasis mobil akan bengkok seperti kereta bayi. Panjangnya hanya 2,5 meter, daya tampung 2 orang, dan tidak memiliki pintu samping. Jadi untuk masuk ke kabin penumpang, bisa lewat jendela depan dengan melangkahi dashboard mobil.

Hiriko menggunakan 4 motor yang dikawinkan dengan lithium-ion. 1 mobil listrik menggerakan 1 roda secara independen. Mobil ini sanggup menjangkau jarak tempuh 120 kilometer dengan satu kali pengisian penuh baterai. Sementara kecepatan maksimalnya mencapai 90 km/am.

Kabarnya mobil mobil tersebut diproduksi pada 2013, dan mulai dijual di Eropa dengan banderolan 12.500 euro atau sekitar Rp 148 juta. Hmmm... kira-kira cocok nggak ya dipakai di Indonesia yang notabene masih rawan banjir. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya. 

Proses melipat

1 comment:

  1. Waalaikumsalam..
    saya mas, hehe..
    nol modal? gimana ya caranya. pengen gabung. :)

    ReplyDelete