Wednesday, March 14, 2012

Alasan Sosis di Indonesia Dicampur kedelai

Ini dia jawaban dari tulisan saya sebelumnya, kenapa sosis di Indonesia dicampur dengan kedelai. Kemarin browsing di okezone.com seperti menjawab tulisanku. Memang tidak semuanya sosis di Indonesia dicampur dengan kedelai. Masih banyak sosis yang asli dari daging murni tanpa campuran bahan lain. Masalah harga adalah pertimbangan utama substitusi daging dengan kedelai pada sosis. Memang harga sosis asli dengan sosis yang murah di kebanyakan iklan televisi sangat jauh. Sosis yang dicampur dengan kedelai lebih diprioritaskan untuk kalangan menengah ke bawah karena harganya yang murah.

Alasan kedelai sebagai bahan campuran sosis adalah kandungan protein yang dikandung kedelai mendekati daging dan harganya relatif terjangkau. Jadi, konsumen masih bisa menikmati sosis dengan harga yang murah tapi tetap sehat. Komposisi juga dijaga agar tetap mayoritas bahan utamanya adalah daging, karena bagaimanapun juga sosis berbahan dasar daging.

22 comments:

  1. Wah...makanya jadi murah harganya ya. Ternyata sudah campuran. Berarti Sosis KW dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semacam itu, tapi kandungan gizi tetap diperhitungkan.

      Delete
  2. wah .. jadi ingin coba makan sosis ini nih, blom pernah makan soalnya :)

    ReplyDelete
  3. sayangnya saya ga suka sosis....
    mungkin larena dl liat TV dan sosis adalah makanan untuk annjing...
    :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha, bisa aja. emang di kartun-kartun gitu sih.

      Delete
  4. Replies
    1. emang iya gan? belum pernah makan sosis yang asli dari daging nih. hehe

      Delete
  5. lho bukan sebaliknya ? saya dong yg dikirimi krn di sini belum ada sosi spt itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak gan, sosis" yang di iklan televisi itu contohnya

      Delete
  6. Oh kalo di campur jadi murah, hehehee muriah meriah :D

    ReplyDelete
  7. Wahh makasihh nih sob Infonya. Sekarang jadi tau deh kenapa sosis di Indonesia di campur ma Kedelai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya alhamdulillah masih bergizi, nggak dicampur macem-macem lah pokoknya.

      Delete
  8. Ngeliat gambarnya.. kirain kapsul.. ternyata sosis! :) Kalo kedelai-nya sih ga masalah, tapi bahan pewarnanya itu lho yang agak menakutkan.. Kedelai kan ga mungkin berwarna merah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pewarna nya sih udah diperhitungkan, ya kita antisipasi diri aja nggak sering-sering makan sosis yang memakai bahan pewarna.

      Delete
  9. woahhh,,
    baru tau kalo ada sosis yang dicampur kedelai mas,, :D

    ReplyDelete
  10. Untung saya ga suka sosis jadi ga terlalu mikirin sosis yang katanya dicampur kedelai. Malah ada yang bilang ga ada dagingnya sama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya? kasian banget yang beli dikibulin.

      Delete
  11. sepanjang halal okelah dicampur-campur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masbro, yang penting masih bergizi. tapi setidaknya ditulis di kemasan kalo komposisi nya ada kedelainya.

      Delete