Sunday, March 25, 2012

Hati-Hati Mie Berformalin

Foto : Google
Sudah hampir seminggu tidak menulis postingan baru. Kali ini saya akan memberikan informasi dari detik.com seputar "Mie berformalin".  Dulu sempat diramaikan dengan bakso berformalin, sekarang mulai merambah ke mie. Mie berformalin sudah banyak ditemukan di pasaran. Dilihat sekilas memang tampak sama dengan mie yang non-formalin.

Formalin atau nama lainnya formadehida adalah bahan kimia yang dipakai untuk membasmi bakteri dan juga untuk mengawetkan dan mengeringkan kulit. Biasanya dipakai untuk mengawetkan mayat. Hiii...
Jika dikonsumsi secara berlebih, senyawa tersebut akan terakumulasi dan dapat memicu penyakit ginjal, kanker, dan lain-lain. Di sini akan beri saya tips untuk membedakan mie yang berformalin dengan yang alami, meskipun agak susah sih.
  1. Saat dipegang mie terasa sangat kenyal atau liat, kalau mie asli lembut teksturnya. 
  2. Ada bau obat meskipun dibilas air berulang kali/direbus, sedangkan mie asli ada bau anyir telur. 
  3. Tekstur kenyalnya mirip karet sedangkan mie yang alami mudah putus. 
  4. Mie tahan disimpan selama 1-2 hari dalam suhu ruangan (28-30 derajat Celcius). Kalau mie yang alami mudah berjamur jika memakai telur. 
  5. Mie memiliki warna kuning terang  (pewarna tekstil), kalau yang alami tidak begitu terang. 
  6. Harganya murah, sekitar Rp 5 ribu per kilo, yang alami agak mahal Rp 15 ribu per kilo

54 comments:

  1. kunjungan silaturahmi

    salam kenal sob...
    mari berkawan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga masbro, dapet teman baru nih.

      Delete
  2. Wahh harus hati-hati kita sob, dalam memilih produk mie..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, hati" bro. jangan sampe salah pilih mie

      Delete
  3. zaman sekarang semua dihalalkan asal dangangan laris, tanpa memikirkan kesehatan pelanggan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu, maklum juga sih kalo yang jual kalangan menengah ke bawah.

      Delete
  4. wadew .. ngeri ya membayangkan mie berformalin itu, mending bikin sendiri deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, pinterr... kalo udah bikin kirim kemari ya :P

      Delete
  5. Kunjungan malam sobat
    terima kasih follownya
    folback sukses
    Wah dr Unair ya mas?
    Ngeri sekarang apa- apa serba formalin mas
    Inginnya jajanan lezat malah gak sehat, sepertinya sebagai konsumen merasa gak ada perlindungan

    ReplyDelete
  6. nanti kalo jadi apoteker sukes dan jadi menteri kesehatan, tak buatin aturan seketat mungkin untuk menjaga makanan yang sehat bagi masyarakat.

    ReplyDelete
  7. iya sekarang banyak makanan yg mengerikan pembuatannya. Kudu hati2 ya sob.
    Tengkyu infonya n salam ukhuwah dari LA :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama, salam ukhuwah juga dari Surabaya

      Delete
  8. Gawat...
    saya kebetulan suka bgt makan mi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ati" masbro, kalo bisa makan mi yang alami..

      Delete
  9. Alhamdulillah saya meminimalkan makan mie kok..btw, ikan pun masih banyak lo yg berformalin

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak hanya formalin, malah dicampur parasetamol (obat penurun panas). Kalo dikonsumsi berlebih bisa hati nya rusak.

      Delete
  10. wah wah, ngeri juga ya kalo kebanyakan bisa mengundang banyak penyakit itu. makasih inpoh nya kang broh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama" mbak bro. ati" jaga kesehatan ya.

      Delete
  11. padahal makanan dikampus mentoknya mie. hiks ;'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. lhoalah, kacian... sini mampir di kantin ku mbak :D

      Delete
    2. boleh", makanya mampir ke unair sini :P

      Delete
  12. bagi para penggila mie harus mulai hati2 ini.

    ReplyDelete
  13. tp mie udah menjadi makanan pokok alih2 favorit buat anak kos...
    :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga sih, tapi ya mulai latihan masak dikit".hehe

      Delete
  14. orang sekarang mudah gelap mata demi mendapat untung yang besar... nyawa dan kesehatan orang udah ga jadi pikiran.. sedih atas hilangnya naruni beberapa gelintir oknum manusia

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin namanya juga lagi kepepet, pengen untung besar buat nambah penghasilan. Semoga mereka disadarkan.

      Delete
  15. kunjungan silaturahmi

    sukses di follow back mas sandy...

    ReplyDelete
  16. Padahal aku suka makan mie terutama mie ayam. Tau gini, malah jadi dakdikduk mau makan lagi huft

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak papa masbro, nda usah takut :D

      Delete
    2. lah terus gimana dong! di makan ajah? :))

      Delete
    3. yah maksudnya beli mie yang alami atau kalau bisa bikin sendiri, mancab.

      Delete
  17. tetap waspada hampir rata2 makanan olahan atau serba jadi tidak lagi sehat2 tubuh hrs cukup kuat melawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoa, pinter" milih makanan yang bergizi dan alami

      Delete
  18. Dari dulu gak ada henti - hentinya Nih masalah mie yang berformalin, gak mikir tuh yg bikin, sama saja membunuh teman sendiri :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga 'bakul' kepepet. segala cara dihalalkan yang penting dapet untung berlimpah.

      Delete
  19. bicara kenyal, kayaknya saya kemaren berasa makan bakso formalin, gawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, masa? hati" gan..mending jajan yang pasti" aja

      Delete
  20. ini info ciri ciri mie berformalin yang harus dibaca oleh orang indonesia.. thank berat sudahdishare.. salam happy blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih masbro, salam happy blogging juga \m/

      Delete
  21. wah mie berformalin... Besok-besok apalagi ya?

    ReplyDelete
  22. wah serem...harus berhati-hati neh

    ReplyDelete
    Replies
    1. santai masbro, jangan sampai parno..:D

      Delete
  23. hmmm.. makan nasgor aja ah.. aman. hehehehehehe

    ReplyDelete
  24. pengusaha yg pakai formalin untuk makanan sungguh jahat, tak beda dgn seorang pembunuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kanker juga resikonya, ngeri. Lama-lama manusia bisa jadi mutan beneran gara" terpapar bahan-bahan kimia berbahaya.

      Delete
  25. Kalo liat reportase inverstigasi, kayaknya setiap makanan di sekitar kita itu bahaya ya, salah satunya yang berformalin banyak. Jadi, parno -__-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumpah parah banget beritanya reportase. Dari segala lini makanan diserang bahan-bahan berbahaya. Makan apa coba kalo gini, beras aja ada yang dikasih formalin. =_=

      Delete
  26. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    Saat kamu menemui batu sandungan janganlah kamu ptus asa,
    karena semua itu pasti akan ada solusinya.,.
    si tunggu kunjungan baliknya gan.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya,
      tekape gan.

      Delete