Tuesday, April 3, 2012

5 Suara Teknologi yang Hampir Punah

Pernah dengar suara pager? bip-bip-bip. Teknologi pengiriman pesan singkat pertama pada tahun 90'an yang fungsinya seperti sms pada masa kini. Beberapa suara teknologi masa lalu memang memiliki khas tersendiri. Suara game tetris atau biasanya disebut gembot bahasa jawanya. Dimainkan di gadget yang biasanya mempunyai bentuk kotak dan beberapa variasi bentuk lainnya. Dulu punya game seperti itu saja sudah senang bukan main.
Beberapa suara teknologi yang sudah mulai punah akan saya bahas di sini. Cekidot.
http://sandyansyah.blogspot.com


1. Suara Disket (Floppy Disk)

Ingat suara ketika memasukkan disket. Setelah memasukkan disket ke PC akan terdengar suara unik sebelum melakukan pembacaan data pada disket. Terakhir punya disket ketika masih duduk di bangku SMP. Kapasitas yang terbatas (kalau tidak salah cuma 3-5 MB) hanya cukup untuk menyimpan beberapa file office. Inget dulu waktu maksa temen buat ngopy game Virtual Cop ke disket. Haha... masih cupu dulu.


2. Suara Telepon Putar
Telepon yang biasanya diputar dulu untuk memilih nomor telepon yang dituju. Sedikit tidak praktis memang. Tapi memang begitulah teknologi zaman dulu.

3. Suara Tuner Radio Antik
Suara mendengung yang sedikit membuat telinga geli. Memutar tuner frekuensi AM radio. Sangat langka

4. Suara Mesin Tik
"Klik. Klak. Klik. Klak. Trriiiing." suara mesin tik yang sangat khas. Memiliki irama nan merdu. Mesin ini adalah nenek moyang komputer. Terakhir kali mendengar suara ini waktu SD.

5. Suara Konsol Game Klasik
Game konsol yang hanya mempunyai efek suara minim. Hitam putih lagi.


pictures from google

61 comments:

  1. Aku merindukan semua barang itu, akan jadi mahal barang tersebut.

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. yep, emang lagi pengen bernostalgia masa kecil :)

      Delete
  3. emangya kalo sudha langka gini, jadi mahal ya? :p

    ReplyDelete
  4. hahaha... unik yang dibahas, singkat pula.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang singkat, jelas, padat. yang penting informasi tersampaikan dan nggak lelet kalo diakses :)

      Delete
  5. yg masih aku ingat suara mesin tik dan suara telepn putar

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo suara telpon putar nda pernah denger sih sebenernya, hehe

      Delete
  6. Kunjungan silaturahmi

    kangen juga sama gimbot/gameboy.. xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udah mampir, beli di loak mungkin masih ada ;D

      Delete
  7. iya yah... aku udah lamaaaa bgt gag mainin game itu padahal dulu hobi bgt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maen apa biasanya? tetris? tank"an ? :D

      Delete
  8. diantara semuanya..paling ingat sama mesin tik, klu salah terpaksa ganti lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngenes banget emang, tapi sekarang masih banyak dipakai sama akuntan.

      Delete
  9. wah bener banget tu sobat barang-barang tersebut sudah jarang kita jumpai..sekarang

    ReplyDelete
  10. kunjungan balik, yang no. 1 sama 4 masih ada tuh tapi udah ga dipake lagi hehe.. btw komenmu di postinganku koq ga ada yak, baru mau dikomenin :)

    ReplyDelete
  11. 3 dari 5 barang itu alhamdulillah masih ada dirumah..kalau kangen tinggal di pakai.. tapi buat disketnya, udah gx ada CPU nya lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, enak dong bernostagila, eh..nostalgia maksudnya, hehe

      Delete
  12. haha,
    jadi inget waktu sd mau ngopy game pake disket, hehe

    ReplyDelete
  13. dulu pernah hilang datanya gara-gara disketnya ngadat. asem tenan. padahal data yang hilang itu tugas penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu mah sering banget, gara" nggak sengaja keformat ==

      Delete
  14. huhuhu, mesin ketikku kenapa ada disitu, pantesan dicariin gak ketemu-ketemu, ayo, balikin #lemparsendal :D

    ReplyDelete
  15. Waw, ini semua benda-benda jadul yah yang sudah di lupakan. Padahal masih bisa berguna

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, masih berguna semuanya. tapi yang nomer 1 kayaknya udah nggak dipake lagi :D

      Delete
  16. lihat pesawat telpon jadul gitu kok jadi inget film-film jaman dulu yak, jamannya rano karno masih kecil , hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi film warkop DKI, kayaknya sering liat pas film itu

      Delete
  17. Kunjungan dini hari sobat
    iya sobat itu barang- barang yang udah jarang ditemukan
    terakhir pakai mesin ketik waktu semester satu pas OSPEK disuruh ngetik di kertas nasi pakai mesin ketik dan sukses membuat jari- jariku merah
    Tapi ada lho di salah satu fakultas di univku yang masih pakai aturan mengetik tugas dengan mesin ketik

    ReplyDelete
    Replies
    1. ckckck.. OSPEK nya horor gitu, iya.. biasanya dipake anak akuntansi buat ngerjain tugas neraca keuangan kalo gak salah.

      Delete
  18. sampe sekarang ane masih pnya disket, ga kepake sih, cm ane tempel di tembok kamar. hehehehe.. baca artikel ini jadi pengen beli pigura buat disket itu. pasti keren buat hiasan tembok.. classic. :D

    nice post, happy blogging :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga idenya, apalagi disketnya warna-warni, hmmmm... pasti keren. Happy nice blogging juga, terima kasih sudah berkunjung :D

      Delete
  19. Jangankan suara teknologi itu, sob. Suara orang tua aja mulai punah buat sebagian anak! Huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak, iya juga sih. Anak jaman sekarang rata" udah berasa dewasa aj, susah diomongin. :)

      Delete
  20. wah iya tu. yang diske saya masih inget banget suaranya. cret cret gitu dah.. bikin kangen.

    ReplyDelete
  21. kunjungan silaturahmi

    link sudah terpasang sob... silahkan dicek...

    mari berkawan...

    ReplyDelete
  22. heii...mesin ketik masih ada di kantor saya lho...? hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya, buat apa tuh mbak kok masih dipake? :D

      Delete
  23. mulai dari suara pager sampe gameboynya pernah saya denger :p

    kalau mesin ketik sih kayaknya masih akan ada deh, dikampus saya anak2 eksakta itu harus buat laporan dengan menggunakan mesin tik manual. di kantor2 macam kelurhan sama kecamatan juga masih pake kok :)

    ReplyDelete
  24. bener juga...
    ditambah suara api yang membakar sumbu lampu petromax....
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipake penjual nasi goreng itu biasanya..hehe

      Delete
  25. waooo krennn...mengingatkan ku pada waktu itu..hehe

    ReplyDelete
  26. paling kangen itu sama suara tuner radio antik dan mesin tik, dulu sering banget mainin 2 benda itu -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kangen juga sama radio nya eyang kakung, suka ndengerin radio" jawa :D

      Delete
  27. Haha ... terakhir punya disket pas SMA :D
    Kangen juga ya, suara-suara kayak gitu, kecuali telepon, karena gak pernah ngalamin :D

    Salam kenal ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku terakhir pakai disket waktu SMP, Salam kenal juga :D. Happy blogging, terima kasih sudah berkunjung :D

      Delete
  28. mesin ketik paling kurindukan....
    terakhir make dluuu pas SD.
    suaranya berisik banget tapi asik buat dimainin.. #eh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimainin, emang mesin ketik bisa dimainin? :D

      Delete
  29. Suara Bel sepeda jaman biyen yo wes meh gak onok, hahaha... Tapi Sep LANJUTKAN mas Bero!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiyo bel sepeda, oke masbro. Sukses lapaknya :D

      Delete
  30. wah, dulu sering banget maenan game nomor 5 itu,, tapi sekarang kayaknya dah tergantikan dengan PS dan Comp,, sayang banget dah hilang,,

    ReplyDelete