Saturday, July 28, 2007

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Harddisk

1. Kapasitas: kapasitas harddisk perlu dipertimbangkan sesuai pekerjaan Anda. Bila Anda seorang penata musik, DJ, editing video, gamers, dan lain-lain pokoknya semuanya yang berhubungan dengan rekaman-rekaman gitu dech (aduh males ngetik banyak-banyak) gunakan harddisk yang berkapasitas yang besar, misalnya 250 GB atau 500GB. Tapi jika Anda hanya seorang pengguna komputer biasa yang kerjanya hanya ngetik-ngetik doang lebih baik yang berkapasitas sedang saja sudah cukup, seperti 40 GB, 80 GB itu sudah cukup.
2. Rotational Speed: semakin cepat putaran disk akan meningkatkan kecepatan tulis dan baca terhadap data. Untuk pemakaian normal, 7200 rpm sudah cukupan kok.

3. Seek Time:kecepatan yang diukur dalam millisecond (ms) yang menggambarkan kecepatan rata-rata dari sebuah harddisk dalam menemukan data. Semakin kecil seek time semakin baik performa yang dimiliki sebuah harddisk
4. Interface: hampir semua HD internal pada PC menggunakan SATA interface sekarang. Yang mendukung transfer rate maksimum 150 MB atau 300 MB per detik. Harddisk dengan PATA interface sudah banyak ditinggalkan karena kalah dalam transfer rate dengan SATA. Sedangkan HD eksternal menggunakan USB 2.0 interface atau dual USB/FireWire interface. Selain itu, pilihan lain dari HD eksternal yang bakal jadi populer adalah eSATA.
5. Buffer: buffer sangat diperlukan saat sistem me-request data. Harddisk hanya akan mengambil data-data yang diminta, tetapi juga meload buffer memory dengan tambahan informasi yang diminta processor untuk ditindaklanjuti. Semakin besar buffer dimiliki HD semakin mempelancar aliran data dari dan ke HD.

No comments:

Post a Comment