Saturday, July 28, 2007

Monitor LCD atau Monitor CRT?

Yang perlu diperhatikan dalam memilih antara monitor LCD dan CRT adalah sebagai berikut:

Pemakaian listrik
Monitor CRT masih menggunakan tabung TV sehingga ukurannyabesar dan memakan tempat. Juga membuat mata capek dan memakan daya listrik yang besar. Monitor LCD lebih irit dan ukurannya lebih kecil. Meskipun LCD irit, tetapi perbedaannya jika hanya satu monitor tidak terlalu signifikan. Tapi perbedaannya akan terasa jika jumlah komputer yang digunakan banyak.

Penggunaan
Monitor CRT pewarnaannya lebih baik daripada LCD yang tidak begitu jelas. Jadi jika seorang animator, perancang busana, fotografer, dll. Disarankan memakai monitor CRT.

Keawetan
Kalau hal ini tergantung dari si pemakainya. Kalo sering dipakai, ya namanya juga barang pasti nantinya akan rusak.

Tapi jika anda memilih LCD anda harus memperhatikan pixel pitch, resolution, brightness (semakin besar semakin baik), contrass ratio (semakin tinggi perbandingan gelap dan putih, warna yang ditampilkan semakin bagus), response time (waktu yang dibutuhkan dari kondisi on ke off dan off ke on, semakin kecil semakin baik), viewing angle (maximum sudut untuk melihat monitor dengan tetap mempertahankan isi tampilan), input signal (colokan monitor ada 2 jenis, VGA dan DVI. DVI yang paling baru).

No comments:

Post a Comment