Monday, July 9, 2007

Mensetting Kalibrasi Monitor

Ada 2 cara untuk mensetting kalibrasi monitor, dengan software maupun dari Windows-nya sendiri. Di sini saya akan membahas tentang kalibrasi monitor yang gunanya untuk meminimalkan perbedaan warna pada monitor dan printer. Saya akan membahas tentang mengkalibrasikan monitor dengan Adobe Gamma, caranya:

1. Buka Control Panel, dan pilih Adobe Gamma.
2. Dari tampilan pertama ada dua pilihan.
a. Pertama Anda langsung me-load file-file profile ICC yang telah tersedia dengan menekan tombol Load, dan pilih satu file.
b. Kedua, menggunakan Wizard. Pada pilihan ini Anda bisa meload salah satu file dan melakukan editing setingnya.
3. Sekarang diasumsikan Anda memilih menggunakan Wizard. Tekan tomboll Wizard.
4. Tekan tombol load untuk memilih salah satu profile ICC yang akan di seting ulang, misalnya file Apple RGB, tekan Next.
5. Kemudian pada kotak dialog ini Anda harus menseting Brightnest dan Contrast pada monitor. Sesuaikan seting monitor Anda, setelah itu tekan Next.
6. Langkah selanjutnya anda harus paham dengan monitor Anda sendiri. Ada beberapa pilihan untuk jenis monitor yang digunakan. Pilih salah satu tipe monitor Anda. Bila tidak ada di situ, Anda bisa memilih Custom dan menseting komposisi warnanya sendiri, dan ini relatif lebih sulit. Tekan next setelah menentukan tipe monitornya.
7. Sekarang Anda menseting Gamma
a. Bila ingin lebih sederhana, tandai checkbox View Single Gamma Only, dan geser slider bar hingga mencapai kesesuaian.
b. Bila dirasa kurang, hilangkan tanda pada check box View Single Gamma Only, di situ Anda akan mendapatkan tiga segmen point yang bisa diseting.
c. Bila dirasa kurang puas, Anda bisa menseting Gamma dari file dengan memberikan nilai yang sesuai. Nilai yang bisa dimasukkan antara 1 sampai 3. Untuk nilai default Macintosh adalah 1,80. Tekan Next.
8. Pada bagian ini, Anda bisa menseting diterminasi monitor, atau tingkat penggunaan cahaya pada monitor. Ada beberapa pilihan yang bisa dipilih. Biasanya pada seting profile ICC yang dipilih pertama tadi, telah ada defaultnya, tapi di sini Anda bisa mengubahnya.
a. Pilih salah satu Hardware White Point yang tersedia.
b. Misalnya 9300K (cool white), dan tekan tombol Measure.
c. Pada dialog box ini, Anda bisa membaca instruksi yang diberikan, klik OK untuk menjalankan test monitor.
Setelah yakin dengan setingan yang dipilih, klik Next.
9. Pada bagian ini, Anda bisa memilih pengaturan White Point, pilih pada box Adjusment White Point. Saat Anda menentukan satu pilihan, perubahan pada monitor akan langsung terjadi, pilih yang sesuai dengan monitor Anda. Lalu klik Next.
10. Pada langkah ini Anda bisa melihat perubahan yang telah Anda lakukan tadi dengan memindahkan pilihan dari Before ke After. Klik Finish unti mengakhiri proses, dan simpan setingan Anda tadi. Monggo dicoba!


4 comments:

  1. wah ribet juga yahh ada yang lebih simple gak ?

    ReplyDelete
  2. wah, kalo ga ada adobe gammanya gimana?soalnya PC gw ga ada

    ReplyDelete
  3. kalo monitor recondition gmn?apa sama caranya?

    ReplyDelete
  4. ok makasih infonya gan .. saya juga buat artikel sejenis ini dan tips2 lainnya. mohon info izin nitip > http://www.teknochannel.com/

    ReplyDelete