Saturday, September 1, 2007

Menentukan Kertas Foto

Hal ini biasanya tidak dipedulikan oleh pemilik printer untuk memilih kertas yang bisa mempengaruhi hasil cetak yang maksimal. Untuk itu hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengenal karakteristik kertas untuk foto adalah sebagai berikut:

Ketebalan : Ketebalan kertas mempengaruhi penanganannya dan lebih banyak sesuai sebagai kertas foto. Umumnya, media yang lebih tebal akan lebih kaku dan tahan kusut dan sobek. Ketebalan sering dinyatakan dalam ukuran gr.

Kecerahan : tingkat nilai kecerahan yang semakin tinggi berarti semakin banyak cahaya yang akan dipantulkan balik oleh permukaan kertas. Jenis ini akan menghasilkan cetakan yang lebih jelas dengan kekontrasan yang lebih baik dasn latar belakang yang lebih terang untuk foto dan gambar.

Opacity: Opacity adalah mutu kertas dalam menahan biasan sinar melaluinya. Kertas dengan opacity tinggi dapat menahan tinta agar tidak terlihat tembus. Biasanya jenis ini banyak digunakan untuk brosur, newsletter, dan kalender.

Model Kertas: banyak tipe kertas saat ini seperti Mate (nggak mengkilap), Glossy (berkilau), semi-glossy, soft-glossy, atau satin-glossy. Biasanya banyak orang yang memilih jenis glossy, karena dia mampu menampilkan gambar foto dengan kilau. Tapi hati-hati dengan kertas yang sangat halus, berkilau atau memiliki lapisan yang tidak dirancang khusus untuk printer anda. Mereka dapat menyebabkan penyumbatan kertas/tidak bisa menyerap tinta.

Untuk kertas foto hal yang perlu diperhatikan adalah keputihan (lebih putih lebih baik), ketebalan ( sesuaikan dengan kapasitas printer), Permukaan (kalau mengkilap pakai glossy, sedang bila anda tidak ingin terlalu mengkilap pakai kertas dof)

No comments:

Post a Comment